IAI Cabang Lombok Barat Bersama IDI Gelar Pengobatan Geratis Bagi Warga Yang Terdampak Banjir.

  • Feb 26, 2023
  • Admin Desa Perampuan

Pasca banjir Banjir yang melanda beberapa desa di wilayah kabupaten Lombok barat, yang mengakibatkan ribuan Kepala Keluarga mengalami kerugian material dan mengeluhkan kesehatan, organisasi ikatan apoteker Indonesia cabang Lombok barat bersama Ikatan dokter Indonesia menggelar bakti sosial, di desa Perampuan, Minggu 26/2/2023.

Bakti sosial yang di gelar olek ikatan apoteker Indonesia cabang Lombok barat, serta ikatan dokter Indonesia ini, berupa pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu.

Zulhariadi ketua PC PAI Lombok barat mengatakan, tujuan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana pasca banjir yang terjadi di desa Perampuan.

"Tujuan kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan geratis ini untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir. Banyak penyakit yang timbul di masyarakat. Tidak hanya di desa Perampuan saja, kita juga bersama IDI melakukan hal yang sama di kecamatan Sekotong, ungkapnya 

Lebih lanjut zulhariadi menegaskan, dokter yang di turunkan dalam aksi bakti sosial ini, sebayak 3 dokter dan 3 perawat. Sedangkan para apoteker yang ada di wilayah Lombok barat memberikan obat-obatan, dan perawat yang meracik obat tersebut.

"Dalam pengobatan geratis ini, kita turunkan 2 dokter dan 3 perawat, dan tiba tiba ada tambahan dokter dari apotik Adiba. Kita tidak bisa bekerja sendiri, kalau apoteker itu tidak bisa distribusi obat, dan dokter meresepkan dan perawat yang yang melakukan pemeriksaan dan tidak bisa dikerjakan sendiri, Tegasnya.

Sementara itu saat di tanya terkait penyakit yang dialami masyarakat zulhariadi menyebut belum ada penyakit baru yang di temukan oleh pihaknya, hanya saja yang ditemukan penyakit biasa saja, seperti kolesterol dan darah tinggi.

Sementara itu kepala desa Perampuan H. M  Zubaidi menyampaikan bayak terima kasih kepada para ikatan apoteker yang ada di Lombok barat. Dengan adanya pemeriksaan dan pengobatan gratis warganya merasa terbantu, karena bisa memeriksa kondisi masyarakat pasca ada bencana banjir yang terjadi desa Perampuan.

" Saya berterima kasih kepada semua apoteker yang telah melakukan bakti sosial dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan geratis di desa Perampuan, Kami juga khawatir pasca bencana banjir bayak warga kami yang alami sakit, Dan sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada apoteker dan dokter yang telah hadir memberikan pengobatan gratis ungkap kepala desa Perampuan.

Sementara itu, salah satu pemilik apotik di desa Perampuan, Muhajirin, dengan adanya pengobatan geratis yang di gelar oleh ikatan apoteker ini sangat bangga, karena salah satu bentuk kepedulian para apoteker terhadap masyarakat yang membutuhkan pengobatan. 

Muhajirin menegaskan, Tidak hanya obat obatan yang di distribusikan oleh apotik Adiba, ia juga mengutus satu dokter untuk melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang terdampak banjir di desa Perampuan tersebut.

" Selain kita mendistribusikan obat obatan, dari apotik Adiba juga mengutus satu dokter, hal itu kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat, musibah banjir ini juga terjadi di desa kami, seharusnya kami lakukan karena kepedulian kita. Ungkap Muhajirin.

Sementara itu, dalam pemeriksaan dan pengobatan geratis ini, turut hadir kepala dinas kesehatan Lombok Barat. Dalam bakti sosial ini, menargetkan 250 jiwa yang terkena dampak banjir. Namun dengan ketersediaan obat obatan terbatas, pihaknya mampu bisa melayani sekitar 150 orang. hmd