PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK DARI SAMPAH ORGANIK

  • Nov 22, 2022
  • Admin Desa Perampuan

Perampuan- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB  bekerjasama dengan Pemerintah Desa Perampuan mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk dari sampah organik pada Senin, 21 November 2022. Peserta pelatihan terdiri dari Petani, anggota Karang Taruna, Kader Posyandu, Tim PKK, serta Tokoh masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pencapaian target NTB Bebas Sampah pada Tahun 2023, sehingga Pemprov NTB yang bekerjasama dengan Pemdes Perampuan mendorong upaya pengurangan sampah dari sumbernya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembutan pupuk dari sampah organik rumah tangga, dikarenakan sampah rumah tangga sebagian besar merupakan sampah organik yang paling banyak didominasi oleh sampah sisa makanan.

Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana yang bisa di lakukan untuk membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA adalah dengan mengompos. Dalam kegiatan ini dijelaskan cara mengompos atau pengolahan sampah organik menjadi pupuk dengan metode tong komposter dan bag komposter. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengolahan limbah organik berbasis zero waste untuk menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. (tm)