Tekan Angka Stunting Kader Gencar Melakukan Posyandu

  • Sep 07, 2022
  • Admin Desa Perampuan

Perampuan- Desa Perampuan memiliki kegiatan posyandu yang dilakukan secara rutin setiap awal bulan. Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Desa Perampuan. 

Selain untuk menyatukan kesehatan ibu dan anak, Posyandu ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan posyandu bisa diketahui tumbuh kembang anak balita kita, sehingga  kita terus memantau pertumbuhan bayi sejak dini.

Hermin Sukarlina pendamping posyandu Desa Perampuan menyebut, kegiatan posyandu ini juga sebagai salah satu langkah untuk menekan angka stunting. Mengingat di Desa Perampuan bayak balita yang tercatat mengalami stunting.

"Kegiatan posyandu ini merupakan salah satu langkah kita untuk menekan angka stunting di Desa Perampuan. Dan dilakukan posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,  ungkap Hermin Sukarlina.

Dimana Proses mendeteksi dini menjadi langkah yang penting agar stunting tidak muncul pada balita. Dilakukan deteksi dini dengan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan secara rutin di posyandu menjadi langkah penting untuk menurunkan angka stunting.

Berdasarkan hal ini pendamping posyandu Desa Perampuan perlu di perhatikan. Tidak hanya sekedar terlaksana atau tidak, posyandu perlu memperhatikan langkah-langkah dasar yang bisa dilakukan untuk mendeteksi dini munculnya stunting.

"Peran kader posyandu Desa Perampuan dalam menekan angka stunting sangatlah beragam.Salah satunya adalah dengan memberikan PMT Stunting bagi balita-balita Stunting yang dianggarkan melalui Dana Desa dan juga senantiasa memberikan edukasi, konseling kepada Ibu Balita stunting baik mengenai pola makan balita, pola asuh yang baik dan sebagainya, Tegas Herlina. 

Proses deteksi dini stunting bisa dilakukan dengan melakukan pengukuran lingkar kepala anak, tinggi badan, dan berat badan. Melakukan pengukuran ini diharapkan bisa menjaring anak-anak yang berpotensi mengalami stunting dan bisa diberikan upaya pencegahan agar tidak lebih parah. 

"Harapan saya sebagai pendamping posyandu Desa Perampuan Tentunya ingin masyarakat Desa Perampuan bisa memanfaatkan posyandu sebagai salah satu UKBM (usaha kesehatan berbasis masyarakat) dengan cara rajin membawa putra putrinya ke posyandu. Bebernya. (hmd-tm)