365 HARI DESA PERAMPUAN BERSAMA HAJI ZUBAIDI

  • Aug 10, 2022
  • Admin Desa Perampuan

Sebanyak 24 Kepala Desa terpilih pada pemilihan Kepala Desa serentak bulan Juli lalu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid di Aula Kantor Bupati Lombok Barat Kamis 19 Agustus 21 yang diawali dengan Mengucapkan Sumpah Jabatan sebagai Kepala Desa masa jabatan  2021-2027 dan Penyematan tanda Jabatan kepada masing-masing Kepala Desa terpilih.

Usai melaksanakan Pelantikannya sebagai Kepala Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Masa Jabatan  2021-2027, H.M.ZUBAIDI. S. Ag.M.Pd.I., langsung digiring kekantor Desa Perampuan oleh para pendukungnya yang disambut seluruh perangkat Muspides Perampuan beserta parat tokoh masyarakat setempat. H.M.ZUBAIDI. S. Ag.M.Pd.I., mengajak seluruh elemen masyarakat beserta seluiruh perangkat Desa Perampuan bahu membahu dan berama sama melakukan terobosan terobosan baru untuk membangun Desa, (Kamis 19 Agustus 2021).

H.M.Zubaidi, S.Ag., M.Pd.I., terhitung sejak pelantikannya di Aula Kantor Bupati Lombok Barat Kamis 19 Agustus 21 resmi menduduki korsi jabatan Kepala Desa Perampuan periode 2021-2027. Hingga 19 Agustus 2022 terhitung sebanyak 365 hari telah dilalui H.M.Zubaidi, S.Ag., M.Pd.I., bersama Desa Perampuan .
Dimulai dengan koordinasi perangkat desa, pembenahan management, dan peningkatan disiplin untuk mendorong peningkatan kinerja aparatur pemerintahan Desa Perampuan menuju perubahn sebagaimana yang digaungkan dalam visi misi kampanyenya, kendatipun disadari tak semudah membalikkan telapak tangan untuk mencapai cita citanya merubah karakter masyarakat Desa Perampuan.

Didasari dengan jiwa pengabdian tinggi dan pekerja yang ulet, sejumlah langkahpun telah diambilnya dengan merangkul elemen msyarakat, serta hubungan komuniksi dengan rekan rekan sejawatnya ketika masih menjadi aktifis.  
RPJMDES 2022 pun mulai dirumuskan dan dibahas bersama perangkat desa, rumusan RPJMDES tersebut meliputi, Rencana Pembangunan Jangka   Menengah Desa (RPJM Desa) untuk jangka waktu 6 (enam) tahun dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) yang  merupakan penjabaran dari RPJMDes untuk jangka waktu Satu Tahun Anggaran. Perencanaan pembangunan desa tersebut didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Data dan informasi tersebut mencakup, penyelenggaraan pemerintahan desa, organisasi dan tata laksana pemerintahan desa, arah kebijakan pembangunan desa, keuangan desa, profil desa, informasi lain terkait dengan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.

TUMPUKAN SAMPAH TPA KEBON KONGOK MULAI MENANTANG
Dampak TPA Kebon Kongok sebagai tempat pembuangan sampah Regional Provinsi NTB semakin dirasakan warga masyarakat pedesaan yang berada diseputar kawasan tersebut. Bau menyengat yang dihembukan angin diikuti koloni lalat mencapai radius lebih dari  500m sangat menganggu kondisi kesehatan dan sosial masyarakat khususnya Desa perampuan kecamatan Labuapi. Ungkapan tersebut disampaikan H.M.ZUBAIDI. S. Ag.M.Pd.I., Kepala Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat dalam konprensi persnya, Selasa 31 Agustus 2021. “Polusi Sampah TPA Kebon Kongok Lebih Berbahaya Daripada Virus Covid-19” ujarnya.
Keluhan tersebut langsung mendapat atensi Gubernur NTB yang teraplikasi dala Kunjungan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc ke Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat  pada Kamis malam tanggal 9 September 2021 didampingi Kesbangpoldagri, Inspektorat, DLHK NTB,  dan Dinas Kesehatan, pertama menyampaikan terkait dengan masalah sampah-sampah ini agar menjadi hal yang sangat urgent. 
Kunjungan Gubernur NTB tersebut sekaligus merupakan energi baru bagi Pemdes Perampuan dan sebagai motivasi untuk peningkatan semangat kerja dan sempat dijanjikan oleh Dinas Kebersihan Provinsi NTB untuk penyediaan fasilitas Armada angkutan sampah. 

Galakkan Padat Karya Pemdes Perampuan Normalisasi Irigasi
Untuk efektifits dn meminimalisir anggaran yang terpangkas dalam penangananan pandemic, Menjelang musim penghujan warga Desa Perampuan Kecamatan Labuapi- Lombok Barat bersama perangkat desa melakukan normalisasi saluran irigasi guna mengantisipasi banjir sebagai dampak ikutan musim penghujan dalam program PADAT KARYA. Agenda tersebut dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 26 September 2021 dengan biaya sebesar  Rp. 35.000.000,- yang dianggarkan dari DD 2021, Kamis 15 September 2021.

Dihari Ke 40 Menjabat Kades Perampuan Gelar Penyuluhan Hukum
Dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang kedududkan hukum, pemerintah desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat menggelar penyuluhan hukum kepada masyarakat Desa Perampuan yang bekerjasama dengan LSM Gerakan Masyarakat Pemantau Anggaran (LSM GEMPAR) Lombok Barat dan Kejaksaan Tinggi NTB pada hari Selasa 28 September 2021 diaula Kantor Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Acara yang diikuti oleh sekitar 50 peserta gabungan masyarakat dan seluruh perangkat desa Perampuan yang berlangsung selama 4 jam tersebut dibuka oleh Kepala Desa Perampuan H.M. Zubaidi, S.Ag., M.Pd.I. Acara penyuluhan hukum tersebut dihadiri oleh Dedi Irawan SH. MH., Kasi Penkum dan Humas Kejaksaan Tinggi NTB sebagai pemateri utama dan Bhabinmaspol anggota Polsek Labuapi yang juga turut memberikan materi tambahan.

PEMUDA SEBAGAI GARDA TERDEPAN DALAM PEMBANGUNAN
Kepala Desa Perampuan H.M.Zubaidi, S.Ag., M.Pd. I., yang melalui Gerakan Pemuda (Garda) Desa Perampuan yang bekerjasama dengan Love Peace Community (LPC), Berbagi Sehat Community, Klasik TCM Muslim Indonesia, To kuat Sinergi Indonesia, LPM Desa Perampuan, Dinas Sosial Lobar, BNN Lobar, Yayasan Ikhlas Beramal, Qur'anic Healing Internasional QHI LOMBOK, Yayasan Sedekah Umroh Indonesia, menggelar kegiatan sosial berupa penyerahan paket sembako Bantuan Langsung Kades (BLK) Desa Perampuan,  pemberian santuanan tunai kepada para pemuda berprestasi dibidang Tahfiz Al-Qur’an, serta sepak bola sebagai hadiah motifasi, Sabtu 19 November 2021.

GARDA peduli tersebut juga diwarnai sejumlah agenda kegiatan sosial lainnya berupa Pelatihan Memandikan Jenazah oleh KUA Kemenag Lobar Kecamatan Labuapi, Pelatihan Da’i, Terapi Sehat dengan bekam dan pijat akupuntur, Penyuluhan Narkoba, Ruqiyah Masal, dan santunan anak yatim. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh kepala KUA Kecamatan Labuapi yang sebelumnya diawali sambutan Kepala Desa Perampuan.